Sabtu, 15 September 2012

Toleransi Beragama

Indonesia merupakan negara yang di dalam terdapat bermacam-macam agama. Dengan perbedaan agama yang beragam seperti ini Indonesia tidak bisa hidup dengan damai kecuali dengan satu hal yaitu toleransi beragama. Toleransi beragama adalah suatu sikap saling pengertian dan menghargai tanpa adanya deskriminasi dalam hal apapun. Tidak ada yang saling menggangu dan tidak ada yang saling menyalahkan sebuah agama, serta tidak ada yang saling mendeskriminasi satu sama lain.

Toleransi beragaa tidak akan terjadi tanpa adanya saling perasaan saling mengasih antara sesama manusia yang tidak memandang dari agama, kalangan, golongan, kelompok apapun. Kasih sayang antara setiap individu adalah hal yang sangat banyak membawa manfaat. Manfaaat-manfaat tersebut bisa kita rasakan saat kita dalam kesulitan dan ada seseorang yang menolong kita tanpa perduli apapun agama kita, Dan manfaat yang lainnya adalah dengan kasih sayang kita bisa mewujudkan tujuan yang ingin di capai sebuah negara. Karena hati kita bersatu dalam satu bangsa yaitu bangsa Indonesia.

Perbedaan itu bukan sebuah keburukan namun perbedaan adalah sebuah berkah. Contoh, ada orang yang pintar mendayung dan orang yang pinta untuk menunjukkan arah. Yang satu mendayung dan yang lain menunjukkan arah. Dan banyaka lagi yang lainnya. Sikap saling melengkapi dan saling menghargai itu penting dalam menghadapi perbedaan diantara kita semua. Perbedaan itu indah. Tidaklah indah jika seandaainya semua manusia yang ada adalah laki-laki saja atau perempuan saja. Tidak indahlah jika semua yang ada di dunia ini adalah senang dengan berolah raga semuanya. Lalu siapa nantinya akan mencangkul, menebang kayu dan mencetak unag dan sebagainya.

Toleransi beragama adalah salah satu cara untuk menyatu perbedaan agama satu dengan yang lain. Itulah sebabnya kita kembangkan sikap saling menghormati satu dengan yang lain. Karena perbedaan  itu indah. Jika semua seimbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar