Sabtu, 19 Mei 2012

Allah Maha Melihat

Allah adalah Tuahn Semesta alam yang memiliki kesempuranaan dalam kekuasaan dan dalam sifat-sifatnya. Sifat-sifat tersebut sangatlah menunjukkan keagungan dan kemahasempurnaannya. Salah satu dari difat-sifatnya tersebut adalah Maha Melihat. Penglihatan Allah tidaklah sama dengan makhluknya, tidak dengan mata seperti apa ada pada makluk-makhluk-Nya. Dan kita tidak bisa membayangkan dan tidak diperkenankan untuk membayangkan bagaimana cara Allah melihat.

Dengan kesempunaan sifatnya dan kemahamelihatan Allah, Dia bisa melihat segala sesuatu yang berada di alam semesta ini, di laut, di darat, di langit, yang tampak maupun yang tersembunyi. Itulah kemahakuasaan Allah. Penglihatan-Nya mencakup segala sesuatu. Dalam kitab-Nya Allah berfirman:
قل كفى بالله شهيدا بيني و بينكم إنه كان بعيباده خبيرا بصيرا (الإسراء : 96)
Katakanlah "Cukuplah Allah menjadi saksi antara aku dan kamu sekalian. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mengetahui Lagi Maha Melihat atas hamba-hamban-Nya". (Al-Isro' : 96)

Sebagai seoarang muslim yang beriman kepada Allah beserta sifat-sifat-Nya dan kemahasempurnaan-Nya, tentu akan percaya bahwa Allah Maha Melihat ia akan sangat berhati-hati dalam hidupnya dan selalu melaksanakan apa yang diperintahkan-Nya dan akan menjauhi segala apa yang dilarang-Nya. Karena ia selalu tahu dan yakin bahwa Allah selalu melihatnya kapanpun dan dimanapun ia berada. Ia merasa malu jika Allah Melihat-Nya melakukan perbuatan maksiat dan dia akan malu pula jika Allah melihatnya melalaikan kewajibannya sebagai seorang muslim. Itulah salah satu ciri muslim yang sejati.

Hal tersebut bisa kita perumpamakan sebagai berikut. Seorang laki-laki sedang bersama pacarnya. Mereka berdua sedang berjalan-jalan di sebuah mall untuk sekedar berbelanja. Tentu saat ia berada di dekat pacarnya ia tidak akan berani melakukan apa yang bisa menyakiti hati pacarnya misalnya bemesraan dengan gadis lain, walaupun tidak berada di dekatnya namun masih bisa dilihat oleh pacarnya maka ia akan merasa takut untuk berbuat sedemikian. Begitu pula seorang muslim yang yakin bahwa Allah Maha Melihat maka ia akan selalu menjaa segala gerak-geriknya karena ia tahu Allah selalu melihatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar