Sabtu, 29 Juni 2013

EKOLOGI

Pada prinsipnya ditinjau dari biologi, makhluk hidup dapat dibagi atas dua bagian besar yaitu, hewan dan tumbuhan. Kedua kelompok ini sangat tergantung pada faktor-faktor yang ada di luar dirinya baik secara lansung maupun tidak laarngsung. Dengan kata lain, tidak ada satu makhluk hidup pun di dunia ini yang berdiri sendiri tanpa tergantung pada faktor lainnya.

Faktor lainnya yang memepengaruhi kehidupan makhluk hidup ini disebut dengan lingkungan. Manusia sebagai makhluk hidup telah terlibat dan tertarik dengan masalah-masalah lingkungan sejak dahulu kala walau pun mereka tidak mengerti perkataan ekologi itu sendiri. Dalam masyarakat primitif setiap individu untuk dapat bertahan hidup memerlukan pengetahuan terhadap alam lingkungannya. Alam lingkungan (environment) ialah alam di luar organisme yang efektif mempengaruhi kehidupan  organisme tersebut. Setiap tanaman menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Penyesuaian ini berguna untuk mempertahankan hidupnya. 

Ekologi merupakan gabungan dari dua kata dalam bahasa Yunani yaitu oikos berarti rumah dan logos berarti ilmu atau pelajaran. Secara etimologis ekologi berarti ilmu tentang makhluk hidup dan rumah tangganya. Dengan kata lain definisi dari ekologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Berdasarkan pengertian ekologi di atas maka jelaslah bahwa ekologi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari biologi. Oleh karena itu, ilmu biologi seringkali disebut ilmu biologi lingkungan. Ekologi merupakan bagian kecil dari biologi. Yang termasuk dalam ruang lingkup biologi adalah organisme, populasi, komunitas, ekosistem, dan biosfir. Jika kita perhatikan bahasan-bahasan dalam mempelajari ekologi ternyata masing-masing ilmu yang membahas suatu/individu atau grup tidak terlapas dari membahas masalah ekologi. Dari penjelasan ini dapat lihat ternyata ekologi merupakan ilmu yang cakupannyacukup luas.

Bagaimana reaksi dari organisme atau kelompok individu terhadap lingkungan atau sebaliknya juga dipelajari dalam ekologi. Organisme dalam pengertian biologi ialah makhluk secara individu atau sesuatu kesatuan organ yang mempunyai tanda-tanda dan aktifitas kehidupan. Organisme dalam biologi sering disebut sebagai individu.

Popualasi ialah kumpulan organisme-organisme sejenis yang dapat berbiak silang sedangkan komunitas ialah kumpulan dari beberapa populasi yang hidup di suatu areal tertentu. Sebagai contoh, ialah komunitas kolam, padang pasir, dan sebagainya.

Ekosostem atau sistem ekologi ialah suatu unit tunggal dari komunitas tumbuhan dan hewan bersama-sama dengan semua interaksi faktor-faktor fisik lingkungan yang ada di dalamnya. Secara sederhana ekosistem adalah suatu sistem yang di dalamnya terdapat interaksi antara faktor-faktor biotik dan abiotik. Biosfer ialah satu bagian di alam di mana suatu ekosistem beroperasi. Dengan kata lain planet bumi ini adalah biosfer. Biosfer merupakan organisasi hayati paling kompleks.

Ekologi terbagi atas dua kelompok yaitu autekologi dan sinekologi. Autekologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan antara satu individu atau spesies dengan alam lingkungannya. Sinekologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan antara beberapa grup individu yang berasosiasi bersama-sama sebagai satu unit dengan alam lingkungannya.

Ekologi juga dapat dibagi berdasarkan jenis lingkungan atau habitatnya, yaitu Ekologi Lautan, Ekologi Air tawar, Ekologi daratan, Ekologi Hutan, dan sebagainya. Tanpa memperhatikan apakah termasuk autekologi atau sinekologi berdasarkan level organisme ekologi juga dapat dibagi atas Ekologi Populasi, Ekologi Komunitas, dan Ekologi Ekosistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar